Kamis, 26 November 2015

GEOLOGI DAN BUMI


Tugas geologi fisik dan dinamik
GEOLOGI DAN BUMI







oleh
TEDY HARIANTO SALAMA
471415015

Dosen pengampu
INTAN NOVIANTARI MANYOE, S.si., M.T

PROGRAM STUDI TEKNIK GEOLOGI
JURUSAN ILMU DAN TEKNOLOGI KEBUMIAN
 FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO
GORONTALO
2015









rangkuman

            Geologi adalah ilmu yang mempelajari bumi termasuk material – material yang terbuat dari perubahan fisik dan kimia yang terjadi di permukaan bumi dan di bagian dalamnya, dan nilai dari sejarah planet dan bentuk kehidupan yang sebagian dari bumi yang terdiri dari batuan – batuan dan mineral – mineral. Proses internal yang bergerak dari benua -  benua  yang meyebabkan gempa bumi dari gunung api, proses memahat darri gunug  - gunung  dan lembah – lembah. Bidang hidrosper terdiri dari air sungai danau dan lautan dii atmosfer. Dan beku di gletser ini juga mencakup air sekitar yang membasahi tanah dan batuan hingga kedalaman 2 atau 3 kilometer.

            Atmosfer adalah campuran sebagian nitrogen dan oksigen 99 % terkosentrsi di 30 km pertama tetapi beberapa  jejak tetap bahkan 10.000 km di atas  permukan bumi. Organnisme dari biosfer termasuk manusia-manusia mempengaruhi dan di pengaruhi oleh proses permukaan  bumi dan komposisi dari hidrosfer dan atmosfer. Ahli petrologi memepelajari evolusi dan sejarah dari awal hingga saat ini.

            Prinsip uniformitarianism menyatakan perubahan geologi terjadi selama periode waktu yang panjang oleh urutan peristiwa yang hampir demikian tak terlihat. Lebih besarnya lagi besar waktu geologi, proses yang terjadi terlalu lambat dan jarang berdampak pada kehidupan sehari – hari adalah penting dalam sejarah bumi . sebaliknya catatrophism menyatakan bahwa perubahan geologi terjadi terutama selama peristiwa bencana jarang terjadi hari ini, Ahli geologi menyatakan bahwa  kedua teori itu benar 4,6 miliar tahun sejarah dari bumi di bagi menjadi ribuan tahun, era, periode dan zaman. Yang di dasarkan pada jenis kehidupan yang ada di berbagai macam waktu.

            Sistem tata surya terbentuk dari debu, gas-gas yang berotasi dengan pelan di luar angkasa, saat debu dan gas-gas mulai penggabungan nuklir dan membuat matahari pada cakramnya, planet-planet terbentuk dari bersatunya debu dan gas-gas pada planet-planet dalam kebanyakan elemen-elemen yang lebih teranng bebas, tapi mereka adalah komponen yang penting dalam planet-planet luar.

            Bumi modern saat ini, terbentuk oleh inti tebal yang mengandung besi dan nikel, lapisan mantel keras dengan kerapatan yang lebih rendah lagi. Sebuah hipotesis menyatakan bahwa inti dan mantel telah ada pada bumi awal. Sebuah hipotesis alternatif menyatakan bahwa bumi awalnya sama, jenis planet pokok mulanya di panaskan oleh energi dari kumpulan gaya gravitasi asli, oleh runtuhan Radioaktif dan oleah pengembangan dari ruang angkasa terluar, panas ini menyebabkan seluruh atau kebanyakan bagian bumi meleleh dan material-material tebal berkumpul di pusat dann membentuk inti. Sementara yang lebih tipis ( batuan) mengapung ke  arah permukaan dan membentuk mantel bumi.       

            Penulisan Resiko adalah analisis Resiko geologi dan resiko yang di sebabkan oleh manusia dan implementasi siasat / kebijaksanaan .Berdasarkan analisisnya, analisis manfaat biaya membandingkan ongkos moneter dari penyelesaian masalah dengan pemanfaatan keuangan dari solusi tersebut.















Kata kunci

·         Batuan adalah  benda padat yang terbuat secara alami dari mineral dan mineraloid.
·         Mineral adalah padatan senyawa kimia homogen non organik yang memiiki bentuk teratur dan terbentuk secara alami.
·         Internal proses adalah proses yang terjadi di dalam bumi yang menyebabkan terbentuknya gunung, gempa, gunung berapi.
·         Surface process ( proses permukaan ) adalah proses yang terjadi di permukaan bumi yang menyebabkan pengikisan yanyg di sebabkan oleh air, angin,suhu dan gravitasi.
·         Hidrosfer adalah lapisan air yang berada di bawah tanah.
·         Atmosfer adalah lapisan atas yang terdiri dari nitrogen dan oksigen.
·         Biosfer adalah lapisan bawah yang terdiri dari makhluk bumi yang ada di buni.
·         Uniformitarianism adalah pembentukan bumi secara lambat.
·         Catastrophism adalah pembentukan bumi secara cepat yang terjadi karena bencana alam.
·         Skala waktu geologi yang di gunakan oleh para ahli geologi dan waktu dan hubunga antara peristiwa yang terjadi pada sejarah bumi.
·         Protesun adalah bayi-bayi matahari.
·         Planetisual dalah teori yang menerangkan tentang proses pembuatan tata surya.
·         Fusi nuklir adalah proses atom yang bergabung membentuk inti atom.
·         Planet teristial adalah planet dalam yang sebagian besar terdiri dari batu silikat.
·         Jovaia planet adalah planet yang berada pada lintasan luar orbit yang terdiri dari planet Jupiter,saturnus,Uranus,dan lainya.
·         Inti adalah bagian dalam dari bumi.
·         Mantel adalah bagian lapisan yang berada di antara inti dalam dan inti luar.
·         Kerak adalah lapisan teratas bumi.

REFERENSI
Thompson & turk Introduction  to physical Geology












Tidak ada komentar:

Posting Komentar